Walikota Surabaya Damprat Wartawan Soal Berta Mobdin

Walikota Surabaya Tri Rismaharini Dikabarkan Mundur Dari Jabatannya

Daerah, Jawa-Bali

BERITA HEADLINE – JAKARTA - Beredar isu bahwa Walikota Surabaya mundur dari jabatannya, bahkan sejumlah media nasional memberitakan kemunduran sang walikota terhitung dari jumat lalu, (24/01/2014). Namun Ketua DPRD Kota Surabaya M. Machmud justru membantah sang Walikota mundur dari jabatannya.

“Saya tidak yakin jika bu Risma mundur,” kata M. Machmud kepada Antara di Surabaya, Selasa.

DIkatakan bahwa, Walikota Surabaya Tri Rismaharini mundur dari jabatannya setelah Wisnu Sakti Buana dilantik menjadi Wakil Walikota Surabaya oleh Gubernur Jatim di gedung DPRD Surabaya, pada Jumat (24/1/2014) lalu. Walikota Surabaya dikabarkan mengirim surat resmi pengunduran diri sebagai walikota Surabaya kepada Presiden RI.

Alasan mundurnya Risma karena pelantikan Wakil Walikota Surabaya dinilai tidak sesuai prosedur, bahkan Tri Rismaharini dan Wisnu Sakti Buana tidak saling cocok sejak peristiwa upaya Wisnu ikut melakukan pemakzulan Walikota Surabaya beberapa tahun lalu.

Selain itu, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Binamarga dan Pematusan Erna Purnawati juga tersangkut masalah pembebasan lahan Jalan MERR dan sempat dipanggil Kejaksaan Negeri Surabaya beberapa waktu lalu. Namun, Machmud sebagai salah satu orang dekat dengan walikota mengerti kondisi dan perasaan yang dialami Walikota saat ini.

“Saya bisa memahami bu Risma saat ini, namun saya tahu bu Risma bukan tipe yang cepat menyerah dan kalau bu Risma mundur, maka kota dan dan rakyat ini akan rusak. Saya yakin dia tidak tega meninggalkan itu semua,” katanya.

Saat ditanya apakah Machmud pernah menghubungi walikota sejak dikabarkan sakit sehingga tidak bisa mengikuti pelantikan Wawali Surabaya, Machmud hanya tersenyum menahan diri.

“Kondisinya sakit atau tidak, saya tidak ngerti,” katanya.

Sementara itu, Wawali Surabaya Wisnu Sakti Buana mengatakan pihaknya hingga saat ini belum mengetahui jika wali kota mengundurkan diri. Bahkan Wisnu sendiri berniat mengunjungi Walikota Surabaya yang hingga saat ini dikabarkan mengundurkan diri.
“Saya tidak tahu itu, kalau ibu Risma mundur,” kata Wisnu.

Sementara, Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya Hendro Gunawan hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi bahkan saat dihubungi melalui ponselnya terdengar nada dering namun tidak diangkat.

Begitu juga dengan Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser yang juga tidak bisa dihubungi melalui ponselnya. Namun, sebelumnya M. Fikser mengatakan bahwa wali kota saat ini dalam kondisi sakit.

“Info yang saya dapat hingga saat ini bu Risma sedang sakit. Saya tidak tahu sakitnya apa,” katanya. (antara)

Related Articles

Leave a comment

Back to Top